Tim Prodi Pendidikan Biologi berkolaborasi dengan Komunitas Guru Penggerak Kab. Polman Gelar PKM Uji Golongan Darah dan Tes Tekanan Darah bagi Guru

pendbiologi.unsulbar.ac.id – Dosen program studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, sukses melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Gedung PKK Polewali Mandar pada hari Kamis 30 Juni 2022.

Tim yang beranggotakan Muh. Rizaldi Trias Jaya Putra N, S.Pd., M.Si., Gaby Maulida Nurdin, S.Si., M.Si., Isdaryanti, S.Si., M.Si., dan Firdaus, S.Si., M.Sc. mengangkat tema “Penguatan Materi Ajar Sistem Peredaran Darah Melalui Kegiatan Pemeriksaan Tekanan Darah dan Pelatihan Uji Golongan Darah Bagi Guru di Kabupaten Polewali Mandar”. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 guru dari beberapa sekolah di kabupaten Polewali Mandar dan juga beberapa mahasiswa dari Pendidikan biologi.

Salah satu peserta PKM yang merupakan guru SMAN 4 Polewali mengemukakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru khususnya di bidang biologi dan IPA. “Selain dapat membantu uji kesehatan bagi guru, kegiatan ini juga membantu pendidik untuk menerapkan teknik pemeriksaan golongan darah melalui kegiatan praktikum di sekolah. Tentunya ini akan mendukung teori pada materi pembelajaran”.

Tim PKM bekerjasama dengan Belinayanti, S.Si., seorang guru penggerak Polewali Mandar dan MGMP IPA. Belinayanti menjelaskan beberapa praktikum sederhana yang dapat dilakukan di sekolah yang minim alat serta penguatan konsep dasar materi sistem peredaran darah. Materi ini merupakan hasil kolaborasi bersama tim PKM Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Sulawesi Barat. Rizaldi selaku ketua tim berharap sinergitas positif seperti ini dapat terus dilakukan. Program ini diharapkan dapat menjadi referensi maupun bahan perbandingan untuk memberikan metode baru dalam pengajaran, dan menghasilkan berbagai kegiatan sesuai kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan serta lebih tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *