Program Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unsulbar Memberikan Pelatihan Pembuatan Pupuk Bokashi

pendbiologi.unsulbar.ac.id – Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sulawesi Barat bekerjasama dengan Komunitas Guru Penggerak Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022 sukses menggelar PKM Pelatihan Pembuatan Pupuk Bokashi Bagi Guru di Kabupaten Polewali Mandar untuk Mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup yang berlokasi di Gedung PKK Polman pada hari Kamis 30 Juni 2022.

Hadir sebagai pembicara yakni Ibu Ayu Indayanti Ismail dosen Pendidikan Biologi FKIP Unsulbar yang memiliki kepakaran bidang Biokimia dan instruktur dalam demonstrasi pelatihan pembuatan pupuk Bokashi yakni Pak Arisal dan Pak Yusuf guru penggerak Polewali Mandar yang merupakan praktisi dalam pembuatan pupuk Bokashi di lingkungan sekolah SMP 4 Polewali dan SD 066 Pekkabata. Pak Arisal menuturkan setiap dua bulan sekali di SMP 4 Polewali telah berhasil memproduksi pupuk Bokashi sebanyak 2 ton dan sudah dikomersilkan hingga ke Kalimantan.

Acara dihadiri sebanyak 70 orang dari guru, mahasiswa dan dosen. Pelatihan berlangsung dengan sangat komunikatif dan berisi paket lengkap tentang teori dan praktik pembuatan pupuk Bokashi. Sebagai pernyataan penutup dari rangkaian acara pelatihan pembuatan pupuk Bokashi, Ayu menuturkan “Sudah saatnya kita mengubah daun menjadi cuan, sudah waktunya kita berpartisipasi aktif mengubah sampah dan limbah menjadi berkah bagi semesta”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *