PKM Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

pendbiologi.unsulbar.ac.id – Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat bekerja sama dengan Komunitas Guru Penggerak (KGP) Polewali Mandar melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) bertema “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Program pengabdian ini mendapat sambutan positif dari guru-guru di Kab Polewali Mandar. Kegiatan ini berlangsung secara daring dan diikuti oleh 101 peserta guru SD, SMP, dan SMA. Salah satu tujuan dari program guru penggerak yakni menggerakkan ekosistem pendidikan dengan membuka banyak kolaborasi. Olehnya tim pengabdian Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat menjalin kolaborasi dengan KGP Polewali Mandar agar bisa mengimbas pada guru-guru lainnya.

“Banyaknya permasalahan yang terjadi di dalam kelas saat pembelajaran seperti, siswa kurang percaya diri mengajukan dan menjawab pertanyaan, sebagian besar peserta didik tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat, persentase siswa yang mencapai ketuntasan minumim 50%, metode cenderung monoton, sebagian siswa salah konsep dan siswa tidak dapat mengerjakan/memecahkan masalah,” Ibu Mardia. Olehnya, penting bagi guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Salah satu narasumber mengungkapkan bahwa “PTK memiliki banyak manfaat dalam dunia pendidikan, di antaranya mampu memperbaiki kualitas pembelajaran, mengembangkan profesionalitas dan keterampilan guru dan meningkatkan hasil belajar peserta didik ,” Ibu Syamsiara Nur. Dekan FKIP Universitas Sulawesi Barat, Bapak Dr. H. Ruslan, M.Pd. menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud optimalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami berharap dengan pendampingan ini dapat membantu memudahkan para guru ini untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.