Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Prodi Pendidikan Biologi Kolaborasi Komunitas Guru Penggerak Polman

pendbiologi.unsulbar.ac.id – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat kembali mengadakan program kolaborasi pengabdian masyarakat. Kali ini kolaborasi diselenggarakan bersama Komunitas Guru Penggerak (KGP) Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kegiatan berlangsung selama dua hari, dimulai pada tanggal 29 sampai 30 Juni 2022 yang berlangsung secara online dan offline.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat Dr. H. Ruslan, M.Pd pada hari Rabu (29/6/2022).

Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi UNSULBAR, Firman, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Biologi.

Kegiatan Pengabdian ini dibagi menjadi beberapa item kegiatan, diantaranya Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) yang dibawakan oleh salah satu dosen Pendidikan Biologi UNSULBAR Bapak Baso Manguntungi, M.Si. dan KGP Polman Bapak Muhammad Rajib, S.Pd selaku narasumber yang langsung membimbing dan mengarahkan para guru untuk melakukan praktik.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan ini dilaksanakan oleh tim pengabdian yang terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, di antaranya Arlinda Puspita Sari, M.Si., Nurmuliyanti Muis, M.Si., Ramlah, M.Sc., dan Nurul Faisha Makkasau, M.Si.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta khususnya Bagi Guru di Kabupaten Polewali Mandar tentang cara pembuatan POC berbahan dasar limbah rumah tangga untuk mendukung terwujudnya Sekolah Adiwiyata, serta manfaatnya bagi lingkungan sekitar. Kolaborasi ini sekaligus mengajak para tenaga pengajar lingkup Polewali Mandar untuk terus belajar dan berinovasi guna meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pembelajaran yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *