Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik bagi Guru di Kabupaten Polewali Mandar

pendbiologi.unsulbar.ac.id – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat menggelar kegiatan Abdimas (Program Pengabdian Kepada Masyarakat). Kegiatan ini diselenggarakan di gedung PKK Polewali Mandar yang dihadiri oleh 80 peserta. Kegiatan Abdimas ini diselenggarakan oleh para Dosen Pendidikan Biologi yang bekerjasama dengan Komunitas Guru penggerak (KGP) Kab. Polewali Mandar.

Program Abdimas merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk melakukan kolaborasi dengan beberapa mitra. Peserta yang hadir terdiri dari dosen, guru, dan mahasiswa. Kegiatan Program Abdimas tersebut mengusung materi dengan tema “Pengenalan Konsep Urban Farming Melalui Praktik Hidroponik Sederhana sebagai Upaya Pemanfaatan Lahan Terbuka Terbatas bagi Guru di Kabupaten Polewali Mandar”. Kurangnya pemahaman tentang pembuatan tanaman hidroponik mendorong para Dosen dan KGP untuk melakukan pelatihan tersebut. Selain itu, banyaknya lahan kosong dibeberapa tempat yang perlu dimanfaatkan diyakini bahwa pelatihan tersebut memang perlu.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari budidaya tanaman hidroponik sangat banyak, salah satunya dampak positif bagi kesehatan karena tanaman hidroponik tidak memakai pestisida. Materi mengenai budidaya tanaman hidroponik ini disampaikan oleh Mufti Hatur Rahmah, S.Si., M.Si. selaku Dosen Biologi FKIP Unsulbar dan Masykur, S.Pd. selaku guru dari Komunitas Guru Penggerak Polman. Peserta kegiatan Abdimas tanaman hidroponik ini terlihat sangat antusias. Para peserta bahkan melakukan praktik langsung yang dipandu oleh tim pemateri tanaman hidroponik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *