Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Guru, Prodi Pendidikan Biologi Unsulbar Gelar Pelatihan Publikasi Artikel Ilmiah Bekerjasama Dengan KGP Polman

pendbiologi.unsulbar.ac.id – Publikasi artikel ilmiah diperlukan sebagai syarat kenaikan pangkat/jabatan bagi tenaga pendidik. Namun dengan perkembangan teknologi, beberapa tenaga pendidik masih asing dengan proses publikasi. Terutama dengan teknik publikasi online menggunakan Online Journal System (OJS). Dalam rangka menyelesaikan masalah tersebut, prodi pendidikan biologi bekerjasama dengan Komunitas Guru Penggerak (KGP) Polewali Mandar menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada Rabu 29 Juni 2022 secara daring. Pemateri kegiatan ini adalah Alexander Kurniawan Sariyanto Putera mewakili Prodi Pendidikan Biologi dan Olden mewakili KGP Polman. Sebanyak 46 peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat dari pertanyaan yang diajukan berupa teknis pengajuan artikel.

Dalam kesempatan yang sama, Prodi Pendidikan Biologi juga memperkenalkan BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. BIOMA merupakan jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi dengan Universitas Sulawesi Barat sebagai penerbitnya. BIOMA diharapkan menjadi rekomendasi bagi tenaga pendidik yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya. Selain memaparkan teknis publikasi, Alexander sebagai pemateri juga memberikan informasi tentang jurnal-jurnal predator sebagai antisipasi bagi tenaga pendidik dalam mempublikasikan artikel ilmiahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *